Proses Logistik Untuk Negara Kepulauan

Publikasi Monday, November 2, 2015 oleh Maba Santos,
Proses Logistik Untuk Negara Kepulauan
Proses Logistik Untuk Negara Kepulauan
Proses Logistik Untuk Negara Kepulauan, Indonesia adalah negara kepulauan dan terdiri dari ribuan pulau, dengan jumlah penduduk yang menyebar dari sabang sampai merauke. Dengan jarak yang membentang dari Timur ke barat maka pekerjaan disitribusi barang bukan hal yang mudah, tapi merupakan sebuah seni. Misalnya, distribusi barang dari Jakarta untuk kawasan Indonesia timur, hal ini dapat dilakukan antara port to port. Selanjutnya akan di teruskan dengan perjalanan darat, yang menggunakan truk kecil, sedang dan besar.

Proses pendistribuan ini tentunya akan diawasi sejak muat hingga bongkar, hingga sejau mana barang tersebut akan diantar, dalam hal ini keamanan menjadi sangat penting, apakah barang tiba dengan kondisi baik? dan tiba dengan tepat waktu. Hal ini menjadi perhatian yang sangat serius. Seperti pengiriman barang ke Kalimantan, jasa expedisi ke pontianak membutuhkan truk dan kapal.

Kondisi negara kita yang sangat luas maka, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama jika harus mengirimkan barang dari Jakarta atau Indonesia barat ke Indonesia timur, begitu juga dengan sebaliknya. Kita belum memiliki kapal yang selalu melintas dari Indonesia barat ke indonesia timur, membuat pengiriman barang bisa sampai 7-15 hari,

Pada kenyataannya, membuat biasa distribusi barang terkadang naik, karena besarnya biaya perawatan di Jalan pada proses pengiriman, Ide presiden Jokowi untuk membuat toll laut, seharusnya dapat segera di wujudkan, sehingga harga barang dapat di tekan.

Proses logistik di Indonesia, harus kombinasi antara trucking dan kapal laut, atau pesawat terbang. Karena Proses ini membutuhkan waktu yang relatif cepat dan bisa mengangkut muatan yang cukup banyak. Yang membuat harga barang melambung tinggi adalah biaya kirim yang sangat mahal.

Post a Comment