Freight forwarder di Indonesia

Freight forwarder di Indonesia
Freight forwarder di Indonesia
Freight forwarder di Indonesia melayani berbagai macam pengiriman barang dari dalam negeri atau menerima barang dari luar negeri, hal ini karena kita memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, sehingga merupakan pasar yang sangat empuk bagi negara asing, Mudah-mudahan kita tidak menjadi lahan pasar saja. Tapi kita menjadi raja di negeri sendiri. Salah satu perusahaan yang mengurusi export import adalah Freight forwarder in Indonesia, meraka berlokasi di Jakarta utara, Indonesia.

Freight Forwarder Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang keagenan yang mengurusi pengiriman dan penerimaan barang Export dan Import. Freight Forwarder ini bisa dikatakan sebagai agent Shipping Agent / Carrier.

Perusahaan Freight forwarder adalah perusahaaan Jasa, jadi Apa yang ditawarkan Freight Forwarder kepada kita?. Mereka menawarkan jasa pengiriman / penerimaan cargo baik untuk export maupun import, dengan menggunakan service udara atau laut dengan berbagai variasi harga dan service pelayanan. Artinya, servive pengiriman yang ditawarkan oleh Freight Forwarder itu jauh lebih bervariasi daripada Shipping Agent.

Mungkin ini bisa menjadi gambaran singkat tentang, Freight Forwarder Indonesia itu memiliki banyak kerjasama dengan para Shipping Agent, mereka memiliki kontrak kerja dengan para Shipping Agent. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika Freight Forwarder dapat memberikan variasi penawaran harga dan schedule kapal/pesawat yang berbeda-beda kepada customer-nya.

Freight forwarder di Indonesia
Freight Forwarder Indonesia juga menerbitkan Bill Of Lading sendiri. Lalu apakah setiap Freight Forwarder itu memiliki kantor cabang di seluruh penjuru dunia?. Jika Freight Forwarder itu adalah sebuah perusahaan, maka barang tentu mereka akan membuka kantor cabang di setiap kota-kota pelabuhan di penjuru dunia. Hanya saja, sangat jarang perusahaan forwarder yang berskala besar. Paling besar, mereka hanya memiliki perwakilan kantor cabang mereka di beberapa Kota besar di Negara Besar saja.

Selanjutnya proses di lanjutkan adalah bagaimana cara mereka kerjanya?. Freight Forwarder juga memiliki kerjasama dengan agent yang bergerak di bidang yang sama di luar negeri. Jadi misalnya kita pake jasa freight forwarder PT. Satu dua Maju di Jakarta, maka agent yang nantinya akan mengurusi cargo kiriman kita di USA adalah Freight Express, INC. Kenapa bisa begini, karena PT.Satu dua Maju memiliki kerjasama dengan agent di USA yang bernama Freight Express, INC.

Jadi, perusahaan freight forwarder Indonesia, harus memilki agent atau partner di negara asing, Misal: Gimana jika saya mau kirim cargo ke Rusia apakah agent disana juga sama?. Ya belum tentu juga, bisa jadi PT. Satu dua Maju bekerjasama dengan agent di Rusia yang bernama Suka Perkasa, LTD.

Pointnya adalah: Freight Forwarder bidang kerjanya hampir sama dengan Shipping Agent. Pada postingan lain, akan dibahas perbandingan Shipping Agent dan Freight Forwarder, terima kasih. Di olah dari berbagai sumber.

2 komentar untuk "Freight forwarder di Indonesia"

  1. waah pengiriman paket kini sudah sangat banyak juga ya, jadi para pemilik toko online jadi sangat terbantu juga. mau coba langsing diet sehat alami smart detox ga

    BalasHapus
  2. A Global Freight Forwarder is known are service provider who helps an individual or a company to carry their goods from one place to the other by arranging shipment facilities, generally across the world.
    Best Supplychain Company in India|International Freight Forwarder

    BalasHapus